Rabu, 27 Februari 2008

Mengejar Impian Melalui Indonesia Idol

Sejak maraknya reality show di TV swasta, mulai AFI, KDI, DreamBand, Rumah terakhir, MamaMia, Dangdut dadakan, API, dlsb. Makin memudahkan orang untuk menjadi terkenal atau beken.

Tiap acara tersebut tentunya memiliki kriteria-kriteria tersendiri menurut acara masing-masing. Animo masyarakat untuk menjadi peserta pun tidak kalah hebohnya. Misal pada audisi Indonesia Idol 2008 di Surabaya, hari pertama saja sudah merekrut 2.480 peserta, dan hari kedua 1.307 peserta. Yang membuat saya berdecak kagum kepada peserta audisi-audisi tersebut adalah semangat yang Luar Biasa !

Kenapa saya katakan begitu, untuk mencapai suatu kesuksesan
Pertama : tentunya setiap orang harus sudah memiliki bekal untuk fight (bertempur) dalam persaingan. Minimal memiliki suara bagus, mampu membawakan lagu dengan baik, tidak demam panggung, apa lagi di tunjang dengan penampilan yang menarik.
Kedua : Semangat untuk mencapai cita-cita tersebut, dengan mengoptimalkan segala kemampuan yang ia miliki.

Bisa Anda bayangkan jika peserta audisi sudah mencapai seribu lebih, tiap peserta minimal 1 menit, butuh berapa lama peserta harus menunggu untuk mendapat giliran. Dalam waktu menunggu tersebut tentunya peserta mempersiapkan segala sesuatu atau kemungkinan-kemungkinan yang tidak terduga. mental juga harus disiapkan, siap menerima cercaan atau siap kecewa. Belum lagi melihat pesaing yang mempertontonkan kemampuannya di depan peserta lainnya, dan ia rasa lebih bagus dari dirinya, apa ia siap ?

Baru audisi tahap awal, sudah melelahkan seperti itu, dari persiapan mau mengikuti audisi, pada saat audisi dsb. bahkan ada peserta yang mengikuti berkali-kali audisi tetapi belum berhasil hingga saat ini.

Dari pelajaran para peserta audisi Indonesia Idol saya acungkan jempol (juga reality show yang lain). Bahwa mimpi dapat Anda wujudkan jika Anda merasa mampu dan pantang menyerah. Bahwa kesuksesan harus dikejar unutk mencapainya, kesuksesan tidak akan mengunjungi Anda. Ketepiskan anggapan reality show seperti ini menciptakan artis instant. Tapi dibalik itu semua membuka kesempatan kepada siapa saja yang mempunyai kemampuan atau keahlian untuk tampil lebih maju dan dikenal. Artis-artis yang top saat ini pun tadinya bukan apa-apa, karena memiliki semangat untuk maju dia pun bisa. Indahnya kesuksesan bukan hasil akhir apa yang Anda raih, tapi proses pencapaian Kesuksesan tersebut.
Salam SUKSES

Tidak ada komentar: