Senin, 04 Februari 2008

Jadilah Diri Sendiri

Di Mailing list saya ada rekan yang merespon email dari teman nya, bahwa temannya lebih beruntung telah menjadi PNS di suatu instansi pemerintah, sedangkan dia sendiri saat ini telah bekerja di perusahaan swasta. Kenapa ini menggelitik saya atas respon email tersebut? tentu saja, karena ia merasa tidak beruntung dibanding temannya tersebut. Karena ia telah berulang kali mendaftar unutk menjadi PNS, tapi gagal.
Memang istilah rumput tetangga lebih hijau ada benarnya, karena apa yang kita lihat nampaknya lebih baik atau indah dari apa yang kita miliki. Kembali ke rekan saya tadi dia melihat temannya yang telah di angkat menjadi PNS nampaknya lebih aik dibanding dirinya. Padahal hal tersebut belum tentu, jika ia menanyakan temannya tersebut yang telah menjadi PNS. Apakah ia lenih bahagia atau tidak?
Potensi yang ada di diri kita sebenarnya lebih baik atau lebih beruntung jika kita tahu akan kelebihan dan kekurangan kita. Jika rumput tetangga lebih hijau, apakah rumput di rumah kita tidak hijau atau sudah menguning? kenapa menguning?
Kalau kita menghendaki agar apa yang kita miliki lebih baik dari miliki orang lain, maka kita harus berbuat sesuatu. Tanyakan tetangga kita kenapa rumput rumahnya lebih hijau? apa kita tidak bisa melakukan seperti apa yang ia perbuat? Jika kita mau pasti dapat bahkan akan lebih baik. Karena kita telah lihat apa yang ia lakukan dan lihat hasilnya. Jika kita lakukan lebih baik lagi tentu hasilnya akan lebih baik.
Kembali ke rekan saya tadi. Apa yang kita miliki haruslah kita syukuri karena masih banyak orang yang lebih tidak beruntung dari kita. Kita harus punya semangat walau dalam keadaan apa pun. Hanya semangat saja lah yang akan membangkitkan kita dari keterpurukkan yang makin dalam. Manfaatkan potensi diri Anda serta harus buka mata dan telingga kita unutk menyerap banyak informasi (ilmu) dari orang lain.
Salam Sukses

Tidak ada komentar: